-->

Cara menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Sebagian orang berpikir bahwa menyikat gigi harus keras biar giginya putih. Sebenarnya tujuan dari menyikat gigi bukanlah untuk memutihkan gigi, tetapi untuk menghilangkan plak gigi. Plak pada gigi ini jika tidak segera dibersihkan maka akan menjadi karang gigi yang tidak lagi bisa dibersihkan dengan sikat gigi, harus menggunakan scaller yaitu alat pembersih karang gigi. Menyikat gigi tidak sama dengan menyikat WC booo…gosroook..sekuat tenaga, meskipun mulut yang kotor memang lebih jorok dari pada WC…karena mulut khan  merupakan kebun binatang bakteri…mau tahu cara menyikat gigi yang baik dan benar…?
Pertama, mengenai pemilihan sikat gigi yang benar
Pilihlah sikat yang bulu2nya tidak terlalu kasar maupun halus…jadi yang sedang2 saja. Trus, sikatnya jangan yang segedhe sikat WC yah,, Jangan pernah berpikir bahwa sikat gigi yang gedhe akan lebih efektif, justru yang kecil itulah yang bisa menjangkau seluruh permukaan gigi. Perhatikan pula bentuknya, pilih sikat gigi dengan ujung yang tidak terlalu lebar untuk menjangkau gigi daerah belakang. Ingat bahwa sikat gigi hanya untuk membersihkan gigi dari plak, bukan untuk memutihkan gigi.
Ke dua, pemilihan cara menggosok gigi yang benar
Ada 2 gerakan menggosok gigi, yaitu gerakan vertical dan horizontal. Cara vertical dilakukan untuk membersihkan permukaan gigi –gigi depan dan permukaan samping gigi belakang dan gerakan horizontal dilakukan untuk mebersihkan permukaan gigi-gigi belakang.
Mengapa menggunakan cara vertikal? Karena tujuan menyikat gigi adalah mengangkat sisa makanan yang biasanya menumpuk di leher gusi, gerakan horisontal selain tidak mengangkat sisa makanan yg terletak di sela2 gigi, juga akan menyebabkan perlekatan papila gusi (gusi yg terletak di antar gigi2)  lama2 lepas sehingga akar gigi lama2 terbuka hal ini lama kelamaan dapat menyebabkan rasa linu meski gigi masih sehat.   tapi tidak bertahan lama sampe tua, akibat resopsi tulang alveolar. Maka
Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut dan lakukan dengan gently, sesuai urutan berikut:
1. Letakkan posisi sikat 45 derajat terhadap gusi
2. Gerakan sikat dari arah gusi kebawah untuk gigi depan rahang atas (seperti mencungkil)
3. Gerakan sikat dari arah gusi ke atas untuk gigi depan rahang bawah
4. Sikat seluruh permukaan yang menghadap bibir dan pipi serta permukaan dalam dan luar gigi dengan cara tersebut.
5. Sikat permukaan kunyah gigi dari arah belakang ke depan. ( cara horizontal)

Ke tiga, pemilihan waktu menggosok gigi yang tepat
Hal ini sangat penting karena sangat berpengaruh juga terhadap efektivitas menggosok gigi. Dari survey yang pernah saya lakukan, saat melakukan skrining di Sekolah Dasar maupun terjun langsung di masyarakat pada waktu koas di bagian IKGM (Ilmu Kedokteran Gigi Masyarakat), menunjukkan bahwa masyarakat pada umumnya menggosok gigi pada waktu mandi pagi dan sore. Adooohhhhh,, Bapak-bapak, Ibu-ibu,, adek-adek, mbak-mbak, mas-mas,,tante-tante, om-om,, itu salahhhh lhoooooo,, yang bener, gosok gigi itu ya sesudah maem lah yaaa,, setelah sarapan dan sebelum tidur malem. Itu minimal lho yaa,,, Kalo mau gosok gigi pas mandi ya gak papa, tapi sebelum tidur malem gosok lageee,,, dan setelah makan sesuatu minimal kumur-kumur air putih lah yaa,,

Sumber : Rsitci
LihatTutupKomentar

Berlangganan via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner