-->

Makalah Askep Pada Pasien Kusta


Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang didasarkan ilmu dan kiat keperawatan yang mencakup pelayanan bio-psiko-sosio dan spiritual yang komprehensif serta ditujukan kepada individu, keluarga serta masyarakat baik yang sakit maupun yang sehat, keperawatan pada dasarnya adalah human science and human care and caring menyangkut upaya memperlakukan klien secara manusiawi dan utuh sebagai manusia yang berbeda dari manusia lainnya dan kita ketahui manusia terdiri dari berbagai sistem yang saling menunjang, di antara sistem tersebut adalah sistem persepsi sensori(Handayani, 2008).
Kulit tersusun atas tiga lapisan epidermis (lapisan luar), dermis dan jaringan subkutaneus (kulit jangat). Setiap lapisan akan semakin berdeferensiasi ketika tumbuh dari lapisan stratum germinativum basalis kelapisan stratum korneum yang letaknya paling luar. Fungsi kulit antara lain : sebagai perlindungan, sensibilitas, keseimbangan cairan, pengaturan suhu, produksi vitamin dan sebagai fungsi respon imun (Setiadi, 2007).
Salah satu penyakit yang sering terjadi pada kulit yaitu penyakit kusta (morbus hansen atau lepra) yang merupakan suatu penyakit kronis menular yang di sebabkan oleh infeksi Mycobacterium Leprae. Penyakit ini terutama menyerang pada masyarakat di negara-negara berkembang dan menimbulkan dampak psikologis, social dan ekonomi. Penyakit kusta adalah penyakit menular yang menahun yang menyerang saraf perifer, kulit dan jaringan tubuh lainnya (WHO, 1995).
Meskipun hampir 12 juta orang di seluruh dunia terinfeksi, penyakit ini menunjukan variasi yang luas pada penampilan klinisnya. Pada beberapa orang, infeksi mungkin subklinis tanpa menunjukan penyakit. Di pihak lain, dapat menjadi penyakit yang tidak menunjukkan tanda yang bersifat progresif. Jarang menjadi fatal, organisme ditularkan terutama melalui  rute udara, tetapi mungkin ditularkan (jarang) melalui kulit yang pecah (Smeltzer, 2002)


Untuk file lengkap makalahnya, Silahkan download: Disini
LihatTutupKomentar

Berlangganan via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner